Kumpulan informasi objek wisata terbaik di indonesia, tempat wisata yang indah dan populer

Pengalaman Travelling Ke Danau Setu Babakan Jakarta

Pengalaman Travelling Ke Danau Setu Babakan Jakarta

Sedang bingung mencari suasana berbeda di Kota Jakarta? Atau merasa bosan karena hanya menghabiskan waktu liburan ke dalam Mall saja? Maka ada satu tempat wisata yang menarik dan nyaman di kota Jakarta yang jauh dari Nuansa Mall yaitu Perkampungan Budaya Betawi di daerah Setu Babakan Jakarta Selatan. Yah Kota Betawi, Warga asli Kota Jakarta yang mempunyai budaya khas termasuk jenis kuliner sampai ke dalam bentuk rumahnya.

Alamat Setu Babakan Jakarta Selatan di Jl. Situ Babakan. Cara terbaik untuk mengakses Situ Babakan dari Kota Jakarta Pusat dengan kereta api yang kemudian turun di LA (lenteng Agung) yang lalu naik sebuah angkot biru No.28 (Rp3500) lalu kemudian turun di Srengseng Sawah tepat di belakang Situ Bababakan. Maupun cara lainnya dengan naik angkot di Blok M lalu kemudian menaiki bus Kopaja 616 jurusan Jagakarsa dan akan segera diturunkan di bagian depan pintu Situ Babakan.

Aku segera mengajak si Daboo travelling ke Situ Babakan karena ingin sekali mencoba kuliner khas warga Betawi Bir Pletok dan Laksa. Dengan adanya semangat 45 si Daboo akan mencari referensi lain bagaimana cara ke dalam lokasi Situ Babakan. Usut punya usut maka tidak jauh dari rumah paman saya di Srengseng Sawah Kota Jakarat Selatan. Padahal saya juga sering bermain ke Srengseng Sawah tetapi tidak mengetahui ada sebuah tempat wisata alam Jakarta dengan sebuah Danau kecil Situ babakan yang lengkap dengan perkampungan Warga Betawi.

Situ Babakan akan segera masuk ke daftar must visit in Jakarta karena yang merupakan tempat wisata murah di kota jakarta, Tidak perlu untuk membayar uang masuk jika dengan cara berjalan kaki sementara dengan cara berkendaraan saja maka cukup anda membayar tiket parkir seharga Rp5000.

Artikel Menarik Lainnya :

*


8 Restoran Di Jakarta Yang Paling Difavoritkan

Aku dan juga Daboo ke Situ Babakan dengan naik kereta api dari Stasiun Sudirman Kota Jakarta Pusat. Dari internet Daboo mempunyai referensi turun di sebuah stasiun sebelum Lenteng Agung dan dengan menaiki Kopaja 616. Ternyata sesampainya di stasiun aku segera bertanya kepada seorang satpam stasiun ke arah Situ Babakan dan dia juga mengatakan dengan turunnya di Lenteng Agung karena jauh terasa lebih dekat.

Ternyata tidak ada satupun jalan ke kota Roma! Jadinya aku dan Daboo wajib ke stasiun LA lalu ke  Situ Babakan dengan naik angkot 28 tetapi masuknya dari belakang daerah Situ Babakan. Tidak apa yang penting dapat mengelilingi daerah Situ Babakan dalam waktu sehari saja.

Aku sangat suka sekali berada di Situ Babakan dengan keasrian terhadap pepohonannya. Suasa liburan yang terasa menyenagkan di daerah Situ Babakan dengan adanya nuanasa pedesaan dengan udara yang segar. Jauh dari adanya modernisasi!

Dengan cara memasuki pintu belakang Situ Babakan akan terdapat Danau yang dipakai para masyarakat sekitar untuk bisa memancing. Sepanjang jalan juga terdapat para penjual makanan dan juga tempat duduk di area pinggir Danau untuk dapat menikmati Danau setu babakan. Di bagian kiri jalanan juga terdapat pohon rindang yang sangat segar! Liburan secara singkat yang dapat menghilangkan semua rutinitas lelahku!
Pengalaman yang lucu dalam catatan perjalanan ke Tempat Wisata Situ Babakan pada saat masih bocah kecil tersenyum saja pada saat aku memfoto mereka yang lagi memancing! Hahaha lucu sekali melihat ekspresi mereka. Selain itu pula di area Perkampungan Budaya Betawi Situ Babakan para pengunjung juga dapat menikmati wisata air yang berupa bebek air dan juga sepeda air serta olahraga semacam kano.

Nah sewaktu aku berjalan kaki maka aku melihat ada warung yang menjual Bir Pletok, Sebuah minuman khas Warga Betawi sehingga aku dan Daboo segera berhenti untuk mencobanya bersama makanan toge goreng dan juga Bakso sambil duduk di bagian pinggir Danau Situ Babakan. Terus terang saja aku tidak menyukai toge gorengnya karena tidak terasa enak, tidak cocok dengan lidah orang Batak! Toge goreng cuma berisi lontong, toge dengan kuah kacang.

Aku malah jauh lebih suka makanan baksonya. Untuk minuman bir pletoknya aku juga lumayan suka tetapi harganya lumayan mahal! Aku cukup merasa kaget juga dengan harga makanan tersebut karena sama dengan harga di sebuah Mall dengan kualitas jalanan! Harga toge gorengnya cukup murah seharga Rp8000 tetapi tidak enak! Untuk harga 1 porsi bakso Rp18.000 dan harga minuman bibir pletoknya seharga Rp20.000/sebotol. Menurut traveller apa murah atau mahal ya?

Selesai untuk mencoba kulier masakan khas Betawi aku dan Daboo segera mencari pintu utama Perkampungan Budaya Betawi untuk dapat melihat rumah khas Warga Betawi. Rupanya hujan semakin turun pada saat kami berada di Situ Babakan yang membuat aku tidur di lantai sambil menunggu hujan mereda. Kami tidak merasa sendirian, banyak sekali pengunjung yang berteduh di dalam perumahan Betawi sambil mereka menunggu hujan reda.

Sesudah hujan reda maka aku dan Daboo segera mencoba Laksa lagi di dekat rumah tempat kami sedang berteduh! Hahahaha kami memang jago makan ya 😀

Harga laksa yang sudah kami makan seharga Rp24000 untuk dua porsi laksa. Aku sendiri suka kuah Laksanya yang terasa enak tetapi sayangnya tidak ada tahu di dalamnya. Dari makanan yang sudah aku makan di daerah Situ Babakan maka aku merasa jauh lebih suka masakan Laksanya.

Puas dengan berburu kuliner di daerah Situ Babakan Jakarta, kampung Betawi maka aku dan Daboo segera pulang ke kota Jakarta dengan perut kenyang dan pengalaman dalam melihat sisi lain dari Budaya Betawi tempat wisata yang murah di kota jakarta!

Sekian artikel mengenai Pengalaman Travelling Ke Danau Setu Babakan Jakarta semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengalaman Travelling Ke Danau Setu Babakan Jakarta